Dekorasi Kamar Tidur Anak, Mural atau Stiker?

posted in: Uncategorized | 0

Mendekorasi kamar tidur anak merupakan salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan bagi para orangtua. Berbagai macam pilihan dekorasi pun mudah didapat dari berbagai tempat. Kita bisa memasukan kata kunci yang diinginkan dan rentetan pilihan dari berbagai online store pun muncul. Beberapa pilihan yang cukup populer di kalangan orangtua adalah Mural dan Stiker Dinding. Seperti apa sih Mural itu? Lalu apa sih yang disebut dengan Stiker Dinding? Dan pilihan mana yang terbaik untuk kamar tidur anak kita? Yuk kita coba bahas disini.

 

Mural

Mural pada dasarnya adalah seni grafis, lukisan, imaji apapun yang diaplikasikan dengan teknik cat diatas dinding. Selain pada dinding, mural juga bisa diaplikasikan pada lantai ataupun langit-langit. Sebetulnya, teknik melukis di dinding ini sudah ada jauh sebelum Masehi, namun teknik ini mulai berkembang pesat sejak akhir abad ke-19 dimana para seniman mendekorasi interior gedung dengan lukisan pada dinding dan langit-langit. Saat ini mural semakin populer sejak kemunculan tren dekorasi mural pada cafe-cafe dan ruang publik lainnya.

http://www.davidrocha.com.mx/matraz

 

Mural dilukis secara langsung diatas dinding, seakan-akan dinding itulah kanvas kita. Cat yang digunakan bisa cat dinding, cat kayu, atau campuran cat dengan bahan lainnya. Yang penting cat tersebut disapu dengan kuas dan dapat menempel dengan baik pada dinding. Mural dirasa cocok untuk diaplikasikan di interior rumah, khususnya kamar tidur anak, karena alat dan penggunaannya yang cukup familiar dengan semua orang, materialnya pun mudah didapat. Nah, bagaimana kalau catnya disemprot? Kalau catnya disemprot, maka teknik tersebut sudah bukan berupa ‘mural’ melainkan grafiti, efek gambar yang didapat pun berbeda. Di bawah ini adalah beberapa contoh mural :

Mural : https://polka.id/perbedaan-mural-graffiti/

Mural bisa dilakukan sendiri di rumah dengan material cat dan kuas, bisa juga dilakukan oleh profesional (seniman mural). Apabila kita menggambar mural sendiri, hal ini bisa juga dijadikan semacam quality time bersama keluarga di rumah. Tentunya aktivitas menggambar bisa cukup menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga. Namun untuk yang menginginkan kepraktisan dan hasil yang lebih terkonsep dan rapi, tidak ada salahnya memberikan dinding di kamar tidur anak untuk digambari oleh para seniman mural. Berikut adalah beberapa inspirasi mural yang mungkin bisa anda kerjakan sendiri bersama keluarga di rumah :

Simple Mural 1 : https://www.pinterest.com/pin/313774299023284069/
Simple Mural 2 : https://www.pinterest.com/pin/33565959701866480/
Simple Mural 3 : https://in.pinterest.com/pin/313281717821194405/

 

Anda juga bisa meminta tim mural profesional untuk membuatkan mural-mural seperti berikut :

Complex Mural 1 : http://www.opbs.us/2018/toddler-bedroom-murals.html/toddler-bedroom-murals-luxury-kids-bedrooms-with-dinosaur-themed-wall-art-and-murals-2
Complex Mural 2 : http://photogiraffe.me/kids-bedroom-murals.html
Complex Mural 3 : http://www.featurewalls.ie/children_boy.php
Complex Mural 4 : https://free-hd-wallpapers.info/mural-wallpaper-for-kids-rooms/mural-wallpaper-for-kids-rooms-fun-kids-bedroom-with-jurassic-wall-mural-and-cute-kids-table-feat-colorful-kids-chairs/

 

Kelebihan mural adalah daya tahan yang tinggi dan lama, hal ini memang tergantung dengan kualitas cat dan cahaya pada ruang, namun dengan teknik ini, gambar bisa bertahan lebih lama. Tidak seperti stiker yang bisa dikelupas oleh tangan anak-anak pada saat iseng, cat pada dinding akan lebih sulit dikupas. Kekurangannya, mural tidak cocok untuk anak yang cenderung pembosan, apalagi anak yang suka berubah karakter favoritnya, sekarang mau Spiderman, minggu depan bisa-bisa merengek ingin kamarnya bertema Cars. Nah, untuk anak dengan karakter seperti itu, Stiker Dinding akan lebih cocok diaplikasikan di kamar tidurnya.

 

Stiker Dinding 

Nah, stiker dinding itu seperti apa sih? Simple, stiker dinding tidak jauh berbeda dengan stiker pada umumnya. Hanya saja dia berukuran lebih besar untuk mengejar skala dinding. Stiker dinding merupakan pilihan yang sangat praktis untuk mendekorasi kamar tidur anak, karena pengerjaannya sangat cepat, pilihan pun sangat banyak. Namun biasanya desain stiker dinding tidak berbentuk blok-blok besar, melainkan gambar dengan cutting yang lebih kecil, tanpa background.

Stiker dinding 1 : https://id.aliexpress.com/item/Lovely-Cartoon-Little-Pony-Wall-Stickers-for-Kids-Rooms-Wall-Decals-Girls-Children-Nursery-Baby-Room/32613983639.html
Stiker dinding 2 : http://www.pricearea.com/result/wall+sticker+kamar+anak+girl+life+crayon+sticker+dinding

Selain stiker dinding 2 dimensi yang flat ditempel ke dinding, saat ini juga sudah banyak beredar di pasaran stiker dinding 3 dimensi. Seperti semacam papercut art, stiker ini memiliki beberapa layer sehingga menonjol dan karakter stiker terasa lebih hidup. Namun, jenis stiker seperti ini lebih mudah rusak ditangan anak-anak yang iseng maupun penasaran. Tapi sebetulnya, dari sifatnya yang mudah dipasang dan dibongkar, umur stiker dinding memang tidak diharapkan untuk bertahan dalam waktu yang lama. Kelebihan sekaligus kekurangan stiker dinding adalah usia pakainya yang pendek.

Stiker dinding 3D : https://m.id.aliexpress.com/item/32814284706.html
Stiker dinding 3D : https://www.tokopedia.com/seasoncraft/3d-butterfly-wall-sticker-stiker-dinding-kupu-kupu-3d-double-layer
Stiker dinding 3D : https://www.miniinthebox.com/1-pair-santa-claus-multi-layer-3d-wall-poster-window-stickers-christmas-decoration-random-pattern-43x34cm_p888384.html

 

Nah, setelah melihat karakteristik mural dan stiker dinding, sudah tahu kan dekorasi mana yang cocok diaplikasikan di kamar tidur anak kita? Yang terpenting dari mendekorasi kamar anak, tentunya harus sesuai dengan selera dan karakteristik anaknya ya.

Happy Tuesday, wonderday! Semoga harimu menyenangkan, dan see you di tulisan selanjutnya.

 

~Dress Your Space

 

Leave a Reply