Gaya Klasik Dalam Interior

posted in: Uncategorized | 0

Kalau bicara soal gaya, kita tentu sering mendengar istilah “gaya pada interior” atau semacamnya. Beberapa gaya yang sering populer di telinga adalah Gaya Klasik, Gaya Modern, dan Gaya Kontemporer. Namun terkadang saya masih sering menemukan kasus-kasus dimana gaya-gaya tersebut tertukar pada pelaksanaannya. Yang paling sering tertukar adalah visual Gaya Modern dan Gaya Kontemporer. Namun ada juga yang tertukar antara Gaya Modern dan Gaya Klasik, padahal sebetulnya kedua gaya tersebut memiliki karakteristik yang jauh berbeda lho! Pada tulisan kali ini, saya akan coba bahas dulu apa itu Gaya Klasik Pada Interior.

 

Desain Interior bergaya Classic European (sumber : http://topinterior.site/classic-interior-design/)

 

Sebetulnya, gaya pada interior dipengaruhi dan bahkan berasal dari gaya arsitektural, tidak terkecuali Gaya Klasik.

Gaya Klasik sendiri sebetulnya secara praktis terbagi 2, yaitu Gaya Klasik Eropa (European Classic)  dan Gaya Klasik Amerika (American Classic).

European Classic berlandaskan pada prinsip-prinsip bangunan yunani dan romawi, khususnya Vitruvius.

 

Sebastiano Serlio’s canon of the Classical orders, a prime example of classical architectural theory.

 

Salah satu ciri yang paling mudah ditemui adalah bentuk pilar yang megah dengan ornamen-ornamen klasik yang memenuhi profil pilar, dinding, dan elemen interior lainnya. Contoh yang paling mudah ditemui adalah pilar-pilar diatas, dimana pilar-pilar tersebut menjadi elemen penting pada keseluruhan bangunan. Pada interior, selain bentuk megah seperti pilar tersebut, elemen interior lain seperti dinding, profil furniture, lantai, hingga ceiling dipenuhi oleh ornamen klasik. Ornamen-ornamen tersebut biasanya dibuat dari batu, kayu, ataupun metal. Pada umumnya diambil dari bentuk-bentuk alamiah yang dituangkan pada bentuk hiasan. Terkadang ornamen ditutup atau dibuat dalam bentuk lukisan.

 

Sedangkan di dunia barat, gaya klasik yang berbeda mulai berkembang juga, sehingga melahirkan Gaya Klasik Amerika (American Classic). Lalu apa sih bedanya Gaya Klasik yang di Eropa dan yang di Amerika. Kata kuncinya sih : Kesederhanaan Profil.

Dari visual yang terlihat, Gaya Klasik Amerika lebih simpel dan sederhana dalam membentuk ornamen dan profil pada elemen interiornya. Apabila European Classic lebih senang memakai aksen mewah dari batu alam yang indah dan glossy, American Classic lebih didominasi oleh pemakaian kayu dengan pelitur.

 

(sumber : http://kyprisnews.com/interior-decor/classic-american-home-interior/attachment/classic-american-home-interior-american-interior/)

 

Ornamen pada interior juga lebih bersifat pengulangan garis lurus dibandingkan bentuk ornamen yang meliuk-liuk dan berkesan megah. Seperti pada contoh gambar diatas, American Classic lebih menonjolkan warna-warna kayu, cream, dan cokelat, dengan bentuk profil yang lebih geometris. Kesan “Nyaman” lebih terlihat dibandingkan “Megah” atau “Mewah”.

 

Lalu, bagaimana perkembangan Gaya Klasik di Indonesia? Nah, Indonesia adalah negara yang unik dalam perkembangan gaya desain, karena negara ini merupakan negara yang mendapat banyak akulturasi budaya dari berbagai negara dan berbagai benua.  Sehingga Gaya Klasik yang berkembang di Indonesia merupakan Gaya Klasik yang sudah bercampur dengan gaya tropis dan juga gaya “modern” pada saat masa kolonial. Sangat jarang ditemukan bangunan heritage yang benar-benar bergaya klasik Eropa ataupun Klasik Amerika di Indonesia, kecuali bangunan tersebut dibangun pada masa ini dengan mengacu pada Gaya Klasik Murni.

 

Kembali pada Gaya Desain, khususnya bangunan pribadi seperti Rumah Tinggal atau Villa, penerapan Gaya pada bangunan sangat lekat hubungannya dengan selera. Sehingga tidak ada istilah Gaya mana lebih baik atau lebih buruk dari Gaya lainnya. Yang ada hanya Gaya yang disalahartikan. Hehehe…

 

Nah, Sekarang tidak akan tertukar lagi kan Gaya Klasik dan gaya lainnya?

Untuk info lebih lanjut mengenai Gaya Klasik dalam Interior dan perkembangannya di Indonesia, silakan cek vlog saya di :

Gaya Klasik dalam Interior – Gina Havier Projects Vlog

Terima kasih sudah berjalan-jalan di web ini. Sampai bertemu lagi di tulisan dan info-info seputar Interior di lain waktu. Semoga hari-harimu menyenangkan!

Leave a Reply