Rak Bagi Si Kutu Buku

posted in: Uncategorized | 0

Saya sebagai seorang kutu buku tentunya punya banyaaaaak sekali koleksi buku. Dari mulai buku anak, fiksi, non-fiksi, dan buku-buku desain yang ukurannya beragam. Permasalahan utama saya adalah…kurangnya tempat untuk menyimpan koleksi buku. Di rumah manapun, sebesar apapun rumahnya, rasanya rak buku selalu tidak cukup karena koleksi buku semakin bertambah. Beberapa buku disumbangkan, namun buku-buku baru (baik itu beli baru atau beli bekas) tetap bertambah.

Permasalahan semacam itu rasanya tidak asing bagi para penikmat buku, khususnya orang yang senang mengoleksi buku-bukunya. Tentu buku-buku tersebut butuh tempat kan? Tapi kalau rak buku kita di ruang keluarga atau di kamar, atau di ruang kerja sudah tidak muat, dimana lagi ya kita bisa menyimpan buku? Rasanya tidak ingin menumpuknya begitu saja diatas lantai atau dimasukan ke dalam kontainer plastik (kasihan bukunya, sadly…kadang saya melakukannya)

Beberapa space yang bisa disulap menjadi rak buku adalah tempat-tempat yang mungkin diluar dugaan. Misalnya Anak tangga, Dudukan Sofa, dan Kasur. Seperti apa ya kira-kira?

 

RAK BUKU DI TANGGA

Apabila buku-buku anda tidak lebih tinggi dari 20cm, anda bisa menyimpannya di bawah anak tangga. Cara ini sangat efektif dan bisa juga dimanfaatkan sebagai elemen estetis pada tangga.

https://www.aliexpress.com

Gambar diatas adalah contoh stiker yang dipasang di bawah anak tangga, menyerupai rak buku. Terlihat bagus bukan? Bagaimana kalau sekalian saja anak tangganya dibuat jadi rak buku? Bisa lebih bagus dan juga hemat tempat.

 

http://www.archilovers.com

Gambar diatas adalah salah satu favorit saya. Selain tangga ini hemat tempat, tangga dengan space require yang sangat mungil ini juga bisa memuat banyak buku. Foto ini dilihat dari atas ke bawah. Anda juga bisa mojok sambil membaca di tangga ini, terasa nyaman dengan privasi yang cukup baik. Enak bukan?

 

http://www.home-designing.com

Tidak mau membebani anak tangga dan ingin anak tangga yang clean dan melayang? Pindahkan saja rak bukunya jadi railing tangga. Anda tidak perlu lagi membuat railing atau pengaman/pegangan pada tangga, rak buku ini sudah punya dobel fungsi.

 

RAK BUKU DI SOFA

Salah satu tren yang sedang hip sekarang ini di produsen furniture adalah sofa dengan rak buku. Di setiap pameran furniture, biasanya anda akan menemukan 1-2 produsen yang membuatnya. Hal ini cukup membantu anda dalam memilih dan tidak perlu repot untuk memesan furniture customade. Beberapa inspirasi sofa-rak buku yang ada disini bisa dicari dan dicoba di ruang keluarga anda. Selain menghemat tempat, harganya juga ramah di kantong dibandingkan membeli dua buah furniture (sofa + rak buku) karena anda bisa mendapat dua fungsi itu hanya dari satu furniture.

https://www.ikeahackers.net
http://walyou.com
https://www.trendhunter.com

 

RAK BUKU DI KASUR

Sebenarnya konsep ini tidak jauh berbeda dengan konsep rak buku di sofa, namun yang perlu dipertimbangkan adalah rangka tengah kasur yang harus kuat, karena otomatis, rangka samping akan kehilangan kekuatan saat dijadikan rak buku. Hal ini bisa juga diakali dengan penambahan rangka pada pinggiran rak buku. Yang penting rangka tengah kasur harus diperkuat ya. Bentuk rak buku pada kasur bisa berkonsep terbuka ataupun tertutup dengan laci.

https://www.houzz.com
http://www.jordansfurnishings.com

 

Nah, itulah beberapa inspirasi rak buku di sela-sela tempat di rumah anda. Jika rak buku anda sudah tidak muat lagi, tidak ada salahnya untuk dicoba bukan? Sayangi buku anda seperti anda menyayangi barang-barang anda yang lain ya… Semoga hari-hari anda menyenangkan!

 

~Dress Your Space

Leave a Reply