Small Space Living Idea

posted in: Uncategorized | 1

Dengan semakin minimnya lahan saat ini dan harga properti yang melejit, rumah berukuran mungil menjadi pilihan populer sebagai hunian keluarga modern. Rumah dengan luas tanah yang kecil bisa didesain dengan 2 kamar tidur, ruang tamu, dapur, dan kamar mandi. Sangat cukup untuk hidup nyaman bagi keluarga inti bukan?

Namun, yang perlu dinaungi dalam rumahtangga tentu bukan hanya anggota keluarganya saja, tapi juga semua barang milik pribadi masing-masing. Hal inilah yang kadang menjadi masalah dalam segi penyimpanan, kerapihan, dan estetika rumah. Mau simpan semua barangnya, tapi rumah jadi penuh, sumpek, dan sesak rasanya. Mau dibuang…sayang, banyak kenangannya.

Nah, bagaimana ya cara menyiasati hal seperti ini? Yuk kita simak beberapa ide-ide yang sudah saya rangkum di bawah ini.

 

There is no such thing like “enough” for Storage : Pernah dengar kalimat “Sudah cukup nih tempat penyimpanannya” atau “Lemarinya cukup segini aja”? Terdengar sangat ideal ya? Tapi nyatanya : Tidak akan pernah ada kata CUKUP untuk tempat penyimpanan. Apalagi di rumah, yang otomatis seiring berjalannya waktu dan pertambahan usia penghuninya, barang-barangpun bertambah dan berubah. Jadi, pada saat merencanakan rumah, rencanakan juga area simpan bergantung jenis barang-barang yang dimiliki dan jumlah barangnya. Buat sebuah ruang penyimpanan atau lemari built-in yang didesain simpel atau hidden (dibuat seakan-akan dinding). Hal ini akan memberikan efek visual ruang yang lebih lega karena barang-barang tersimpan rapi di tempatnya masing-masing. Dan ingat! Semua barang harus punya tempat tertentu, agar mudah dicari lagi ya. Jangan sampai tempat penyimpanan anda malah jadi “blackhole”.

sumber https://www.digsdigs.com/63-clever-hallway-storage-ideas/

 

 

Sumber : https://www.digsdigs.com/63-clever-hallway-storage-ideas/

 

 

Storage Tertutup : Buatlah storage atau tempat penyimpanan dengan desain yang tertutup. Desain yang tertutup memungkinkan mata untuk “beristirahat” dari berbagai barang yang memenuhi ruangan, sehingga ruangan akan terkesan lega, dibandingkan pada saat semua barang tersebut kelihatan. Storage terbuka seperti ambalan atau rak gantung berfungsi sebagai penghias ruangan juga, namun apabila kebanyakan, ruangan akan terasa sempit. Maka, pakailah storage tertutup dengan warna-warna netral seperti putih, atau kayu terang, Apabila ingin memperlihatkan beberapa barang hiasan, gunakan rak gantung atau hiasan seperlunya saja sebagai aksen atau ‘penghangat’ ruang.

 

https://www.digsdigs.com/63-clever-hallway-storage-ideas/

 

 

Warna Putih dan Netral : Untuk segala jenis elemen pada rumah, pilihlah warna putih atau netral seperti abu muda dan kayu terang (pinus, sungkai, beech). Warna yang terlalu banyak atau gelap dapat menambah kesan hangat namun menjadi sumpek di ruangan yang mungil. Untuk memberi kesan hangat, bisa memakai lampu berwarna kuning-putih (warm-white) agar ruangan terkesan hangat di malam hari, namun tetap lega.

 

Sumber : http://www.thewhitelighthousefurniture.co.uk/living/vermont-small-white-trunk.htm

 

Sumber : http://www.thewhitelighthousefurniture.co.uk/living/vermont-small-white-trunk.htm

 

 

Itulah beberapa tips untuk menyiasati ruang mungil, khususnya apabila barang-barang anda sangat banyak. Oke, sampai bertemu di lain waktu ya, semoga hari-hari anda menyenangkan! 

~ Dress Your Space

One Response

  1. Risa Chacha

    👍👍 inspiratif .

Leave a Reply