Warna dan Ambience Ruang

posted in: Uncategorized | 0
Sumber : prettiehomes.com

 

Pernahkah Anda merasakan sensasi yang berbeda pada saat memasuki sebuah ruang tertentu? Misalnya perasaan hangat pada saat Anda duduk di ruang keluarga Anda, keceriaan yang menghampiri Anda pada saat Anda masuk ke ruang baca anak-anak, atau keramahan yang meliputi Anda saat makan bersama teman di sebuah restoran.

Perasaan itu adalah rasa yang dihadirkan dari suasana ruang yang Anda masuki. Suasana, atmosfer, napas, rasa dari ruang adalah Ambience yang dihasilkan dari komposisi warna, material, peletakan furniture, dan dekorasi visual yang dirancang sedemikian rupa sehingga indera pengguna ruang tersebut mendapat sensasi-sensasi tertentu.

Dalam kesempatan ini, saya akan coba membahas warna dalam ambience ruang. Warna merupakan salah satu hal paling mendasar yang ditangkap oleh mata kita pada saat memasuki sebuah ruangan. Secara psikologis, warna juga sangat berpengaruh pada persepsi kita untuk merasakan sensasi-sensasi tertentu. Komposisi warna dalam ruangan bisa membuat ruangan tersebut terasa hangat ataupun dingin, tergantung dengan jenis dan jumlah warna yang digunakan.

 

Jenis Warna

Dalam hal ini, saya akan coba kategorikan warna menjadi dua bagian : Warna BOLD dan Warna PASTEL. Bold adalah warna-warna yang muncul secara gamblang, Sedangkan Pastel adalah warna-warna tersebut dengan versi yang lebih kalem.

Contohnya, warna dasar BIRU (bold) dan warna BIRU MUDA (pastel). Setiap warna Bold akan ada versi Pastelnya. Kedua jenis warna ini juga memiliki warna primer, sekunder, dan tersiernya sendiri.

Semua warna standar merupakan warna Bold. Warna-warna ini memiliki karakteristik dan efek psikologis tersendiri. Misalnya warna merah yang berkesan berani atau offensive atau warna kuning yang berkesan ceria.

Warna pastel sempat menjadi trend pada masa 1950-an dan kembali mendapatkan sorotan pada tahun 1980-an seiring dengan hadirnya gaya “Preppy Style”. Namun dalam dunia interior di Indonesia, warna pastel mulai kembali digandrungi sejak sekitar tahun 2010-an dengan menjamurnya gaya “Shabby Chick” pada interior. Hal ini juga didorong oleh tema-tema pinterest yang kebanyakan mengangkat warna-warna pastel. Berbeda dengan warna Bold, hampir semua warna Pastel memiliki kemiripan dari segi karakter dan efek psikologis. Hampir seluruh warna pastel terasa lembut dan manis. Hal ini mungkin diakibatkan oleh tone warna yang lebih pudar dan memiliki komposisi warna putih yang lebih banyak dibanding warna Bold.

 

Ambience Ruang Yang Dihasilkan

Ambience ruang yang menggunakan komposisi warna bold dan pastel tentu akan sangat berbeda. Apabila sebuah ruangan memiliki ambience dari warna-warna Bold, maka ruangan dengan warna Pastel adalah versi lembut dari ruangan tersebut.

Warna Bold akan sangat berguna sebagai “statement” dalam ruang. Apa kesan yang ingin disampaikan ruangan tersebut: Maskulin? Intim? Ceria? Akan hadir dari komposisi warna Bold yang mengarahkan psikologis pengguna ruang ke arah sana.

 

sumber : dulux.co.zw

 

Sumber : http://www.architectureartdesigns.com

 

Sumber : archilovers.com

 

Namun, komposisi warna Pastel dalam ruangan juga memiliki keunggulan tertentu. Warna Pastel cenderung tidak membuat mata lelah, dan baik sekali diaplikasikan pada ruangan yang menenangkan. Misalnya tempat Spa, Ruang Istirahat di Kantor, atau kamar tidur anak.

 

sumber : goodyfoodies.blogspot.com

 

Sumber : bussyboo.com

 

Sumber : pinterest.com

 

Warna Terbaik Untuk Ambience Ruang

Terlepas dari trend warna tertentu, warna Bold dan Pastel memiliki karakter tersendiri dalam merepresentasikan dirinya dalam ruangan. Seorang desainer dapat meramu komposisinya dalam jumah tertentu untuk menghasilkan Ambience yang diharapkan. Diluar subjektifitas seseorang terhadap warna kesukaannya, tidak ada warna tertentu yang dapat dinobatkan menjadi warna terbaik untuk Ambience Ruang. Warna terbaik adalah semua warna yang diterapkan dengan tepat sesuai dengan Ambience yang diharapkan pada ruangan tersebut. Apabila ruangan itu diharapkan untuk berkesan ceria, apakah Warna Biru Tua cocok diaplikasikan dibanding Warna Kuning? Apabila sebuah ruangan Spa diharapkan memberikan kesan yang lega dan nyaman, apakah Warna Merah Bold cocok diaplikasikan di dalam ruangan tersebut? Pertimbangan-pertimbangan itulah yang menentukan Ambience dalam ruang.

Jadi, jangan lupakan karakteristik masing-masing warna yang akan diaplikasikan di dalam ruangan. Juga, jangan lupakan untuk mengkomposisikan warna bold dengan bijak. Hindari terlalu banyak warna bold yang ‘berteriak’ dalam satu ruangan. Tunjukan warna mana yang menjadi poin fokus pada ruangan Anda.

 

Ready To Dress Your Space? Dress it with us, dress it with heart!

Sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Leave a Reply